Baru mendapat gelar sarjana? Sudah siap untuk memasuki dunia kerja? Dengan bekal ilmu yang telah kamu dapatkan dalam perkuliahan, kamu mungkin sudah siap untuk bekerja. Namun bagaimana dengan menghadapi wawancara kerja? Yap! Wawancara adalah salah satu gerbang untuk masuk ke dalam dunia kerja dan tidak semua orang dapat melewatinya dengan baik. Berikut adalah tips-tips yang dapat kamu gunakan agar bisa menghadapi wawancara pekerjaan dengan baik :

TAMPILKAN KESAN YANG BAIK!

Pepatah mengatakan bahwa kesan pertama adalah hal yang terpenting, maka sebelum kamu menunjukkan kualitas berpikirmu, pastikan dua hal ini sudah disiapkan dengan baik.

  • Berpenampilan OK

Siapkan penampilan sebaik mungkin. Kalau di bangku kuliah kamu terbiasa datang dengan t-shirt gombrong, jeans, sneakers, serta rambut yang terkadang lupa disisir, ubahlah penampilanmu! Bagi perempuan, cobalah untuk menggunakan kemeja atau blouse berwarna pastel dan celana atau rok bahan. Gunakan juga sepatu heels yang dapat menunjang penampilanmu. Jangan lupa juga untuk memulas make up tipis dan menyanggul rambutmu. Bagi kaum adam, kenakan baju berlengan panjang, celana bahan, dan sepatu pantofel. Sebisa mungkin bersihkan wajahmu dari janggut, kumis, dan jambang. Penampilan yang fresh akan membuat kesan pertamamu menjadi baik di mata perusahaan.

  • Datang tepat waktu

Percuma kalau sudah berpenampilan kece, tapi datang terlambat. Kota-kota besar seperti Jakarta punya tingkat kemacetan yang kadang di luar akal sehat, apalagi di pagi hari. Maka, perhitungkan waktu keberangkatan dengan baik. Lebih baik datang lebih awal daripada terlambat. Apabila ada waktu senggang, ada baiknya juga kamu mengecek tempat wawancara terlebih dahulu.

MILIKI PENGETAHUAN YANG CUKUP

  • Kenali dirimu sendiri!

Perusahaan akan bertanya mengenai prestasi, kemampuan, kelebihan, dan segala sesuatu tentang diri kamu. Persiapkan dirimu untuk menjawab pertanyaan tadi. Jawablah dengan disertai bukti yang mendukung. Kalau perlu, mintalah bantuan orang untuk berlatih, atau kamu bisa berlatih di depan cermin. Jawablah pertanyaan yang diajukan dengan tepat, jelas, dan berurutan. Perhatikan juga gesture tubuhmu. Duduklah dengan santai namun tegak, jangan lupa untuk menatap pewawancara ketika menjawab pertanyaan.

  • Pahami (calon) perusahaanmu

Pelajari terlebih dahulu perusahaan yang kamu lamar dan jabatan apa yang ditawarkan. Ketahui di bidang apa perusahaan tersebut bergerak dan bagaimana gambaran pekerjaanmu nantinya. Pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan value hidupmu. Gunakan teknologi di sekitarmu untuk mengetahui berbagai informasi ini demi kesuksesanmu.

Leave a Comment





This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.